Coronavirus: Ofcom ‘menilai’ wawancara David Icke TV

Coronavirus: Ofcom 'menilai' wawancara David Icke TV

Pengawas media Inggris sedang melihat siaran jaringan TV dari sebuah wawancara dengan ahli teori konspirasi David Icke tentang coronavirus.

Ofcom mengatakan “menilai program ini sebagai prioritas”, setelah pemutaran langsung program London Live pada Rabu malam.

Ini mengikuti pengenalan YouTube tentang aturan informasi yang lebih ketat setelah wawancara kemudian dengan Mr Icke oleh tim yang sama disiarkan di platformnya.

Pemerintah telah menyatakan keprihatinannya.

‘Klaim tidak akurat’
“Jelas stasiun itu diatur oleh Ofcom. Dan saya akan mengharapkan Ofcom untuk mengambil tindakan yang tepat,” kata Sekretaris Kebudayaan Oliver Dowden pada program Today, BBC Radio 4.

“Jelas mereka independen tetapi saya akan menghubungi mereka untuk memahami tindakan apa yang mereka ambil sehubungan dengan itu.”

Sebuah tweet oleh London Live untuk mempromosikan program – diproduksi oleh perusahaan independen yang juga menawarkan layanan pelatihan – memicu reaksi menjelang siaran.

Tetapi Ofcom dapat melakukan intervensi hanya setelah sebuah program disiarkan.

Dan sekarang telah menerima 19 pengaduan tentang program dari publik.

Pekan lalu, pengawas itu menyetujui jaringan radio komunitas karena menyiarkan diskusi yang “mengandung pandangan yang berpotensi berbahaya tentang coronavirus”.

“Selama pandemi saat ini, penting bahwa informasi yang berpotensi menyesatkan tentang coronavirus tidak disiarkan di radio atau TV,” kata Ofcom saat itu.

“Ini termasuk klaim yang tidak akurat tentang penyebab potensial, gejala, dan perawatan untuk virus.”

Pada hari Selasa, YouTube menghapus wawancara selanjutnya dengan Mr Icke – yang tertanam di situs perusahaan produksi tetapi menjadi tuan rumah di platformnya – dan mengumumkan akan menghapus video lain yang juga secara palsu menghubungkan Covid-19 ke jaringan seluler 5G.

Perusahaan produksi, bagaimanapun, telah mengunggah ulang wawancara ini ke layanan lain yang berbasis di AS – Vimeo – untuk memungkinkannya terus terlihat.

London Live dimiliki oleh pengusaha Rusia Evgeny Lebedev, yang juga memiliki surat kabar Evening Standard dan Independent.

Itu menyaring pemberitahuan selama jeda iklan, mengatakan pandangan yang dinyatakan dalam program itu “tidak harus orang-orang” dari jaringan dan menampilkan alamat situs web Covid-19 pemerintah.

BBC News telah meminta jaringan untuk berkomentar.

Uncategorized